Beranda > Artikel, Programming, Visual basic > Membuat Koneksi DataBase Sql Server 2005 Ke VB .NET 205

Membuat Koneksi DataBase Sql Server 2005 Ke VB .NET 205

Akhirnya kesampaian juga menulis tentang pemrograman. Pada Kesempatan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana membuat koneksi database dari sql server 2005 ke visual basic 2005 (VB 2005).

Kenapa VB 2005, karena saat ini saya sedang belajar pemrograman vb 2005 ditambah sudah semakin berumurnya vb 6, membuat saya ingin beralih. Ok langsung kita mulai saja.

Sebelumnya, jika Anda blm punya SQL server 2005 Express disini
dan SQL Server Management Studio Express disini

Buat dahulu database di SQL server dengan menggunakan SQL Server Management Studio Express.
Buka SQL Server Management Studio Express di Start Menu ->All programs -> Microsoft SQL Server 2005 -> SQL Server Management Studio Express.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

SQL Server Management

Pastikan nama servernya benar, setelah itu pada klik kanan pada database -> New database. Dalam contoh ini saya akan membuat database dengan nama Ihsan

SQL Server Management.jpg (2)

Setelah selesai, buka visual basic 2005. Tambahkan sebuah objek di form, yaitu button. Lalu ganti tulisan button dengan tulisan “Connect to database” dengan cara mengganti properti text pada button.
Setelah itu kita masuk pada tahap coding, double click pada button yang telah ditambahkan tadi.

Masukan code dibawah ini ke dalam form coding tersebut :

Public Class Form1
Inherits System.Windows.Forms.Form
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Dim sqlconn As New SqlClient.SqlConnection
‘membuat koneksi dengan database
‘RAIN-57C3A9A4CD\SQLEXPRESS adalah nama server di komputer, ini bisa diganti

sqlconn.ConnectionString = “server = RAIN-57C3A9A4CD\SQLEXPRESS;Database = Ihsan;integrated security=true”

Try
sqlconn.Open()
Catch ex As Exception
MessageBox.Show(ex.Message, “Connection Failed”, MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error)
End Try
If sqlconn.State = 1 Then
Me.Text = “Koneksi Berhasil”
Me.BackColor = Color.Aqua
End If
End Sub
End Class

Perancangan form

Perancangan form

Koneksi berhasil

Koneksi berhasil


Penjelasan :
1. Inherits System.Windows.Forms.Form : Class Form1 sebagai turunan
(inherits)dari System.Windows.Forms.Form. Ini karena setiap objek
yang kita buat pada vb 2005 terdiri dari class.

2. sqlconn.ConnectionString = “server =
RAIN-57C3A9A4CD\SQLEXPRESS;Database = Ihsan;integrated
security=true”
: Sintaks ini sebagai pembuat koneksi
database antara vb 2005 dengan sql server 2005, dengan nama
server “RAIN-57C3A9A4CD\SQLEXPRESS” adalah nama komputer
saya, sedangkan nama databasenya adalah Ihsan sesuai dengan
yang tadi telah kita buat. Nama server dan database sebaiknya
diganti sesuai nama server pada laptop atau komputer anda.

3. Perintah try sampai dengan end try adalah sintaks yang berfungsi
untuk mengalihkan jika terjadi error. Jika dalam instruksi dalam Try
terdapat kesalahan maka yang akan dijalankan adalah instruksi
dibawah catch. Dalam contoh di atas apabila, tidak ada kesalahan
pada Try koneksi akan berjalan, sedangkan jika tidak akan keluar
pesan eror.

4. Sedangkan pada percabangan if, jika koneksi berhasil akan merubah background form dan properti text pada form.

Semoga bermanfaat ! :)

  1. ian
    7 Oktober 2009 pukul 12:39 | #1

    terima kasih mas atas tutorialnya, smoga ilmunya bisa bermanfaat

    • admin
      8 Oktober 2009 pukul 15:27 | #2

      sama-sama…
      saya juga masih belajar…

  2. ai-ai
    22 November 2009 pukul 15:30 | #3

    thx bwt tutorialnya…
    ngebantu benget niH bwt tgs akhir smesTerQu..

    • admin
      26 November 2009 pukul 10:12 | #4

      sama-sama…
      smg tugas akhirnya juga cepat selesai…

  3. 13 April 2010 pukul 19:25 | #5

    thax, tugas akhirku memakai vb2005m tapi aku masih binggun ,tolong kirmkan aku yang detail biar aku coba ,,,,,,,,,,,thanx :O

  4. kresno
    3 Juni 2010 pukul 14:16 | #7

    mas saya mau belajar vb.net dan sgala yang ada di vb.net termasuk dengan cara mengkoneksikan k sql server2005. kira2 saya bisa ketemu dengan mas ngga? coz skr saya sedang mengerjakan tugas akhir saya.tolong mas balas ke email saya yah. email saya inotuh@yahoo.com ditunggu yah mas.

    -trima kasih-

    • Muhammad Ihsan Nur Hikam
      5 Juli 2010 pukul 17:48 | #8

      wah mas saya sendiri msh belajar..
      saya hanya bisa kasih referensi di http://geeks.netindonesia.net/..

      itu merupakan komunitas pengguna visual studio.net
      jd silahkan cek disana, disana banyak sekali yg bermanfaat..

  5. 29 Agustus 2010 pukul 14:05 | #9

    makasih bang, amat sangat membantu…..

  6. 10 Desember 2010 pukul 07:29 | #10

    makasih kang infonya

  7. 6 Januari 2011 pukul 19:03 | #11

    akhirnya ketemu juga tutorial yang saya cari,makasih banyak ya gan atat tutorialnya tutorial ini sangan membantu !

  8. 8 Maret 2011 pukul 11:56 | #12

    om klo hub database dari vb 2008 ke sql server 2005 sama g sintaksnya?

    • Muhammad Ihsan Nur Hikam
      17 Maret 2011 pukul 04:58 | #13

      pada dasarnya hampir sama…
      saya blm mengulik lebih dalam vb 2008 soalnya..

  9. indraijo
    31 Maret 2011 pukul 08:54 | #14

    wah mantep gan tutorial y salam knl y

    • Muhammad Ihsan Nur Hikam
      25 Mei 2011 pukul 14:35 | #15

      sama2 gan..
      smg bisa bermanfaat..

  10. wahyu
    14 April 2011 pukul 06:53 | #16

    hmm,….untuk bisa membuka sistem billing yang sistemnya server-klien, untuk lokal-annya databasenya pakai apa ya????tolong bantuannya,….terimakasih

  11. Alfa
    25 April 2011 pukul 16:32 | #17

    Mas kalo kita udah buat setup project kt lalu kita instal di komputer lain…. nama komputer yang di maksud td apa harus kita ubah dulu atau kita harus tw terlebih dahulu nama komputer yang ingin kita instal.. tq

    • Muhammad Ihsan Nur Hikam
      25 Mei 2011 pukul 14:38 | #18

      tentu saja iya,tapi agar lebih fleksibel sih rubah sintakxnya jadi seperti ini sqlconn.ConnectionString = “server =” & my.computer.name & ” \SQLEXPRESS;Database = Ihsan;integrated security=true”

  12. ibel
    26 Mei 2011 pukul 13:00 | #19

    untuk server name nya apa ..??
    trus server namenya dapat dri mana ..??

    • Muhammad Ihsan Nur Hikam
      12 Agustus 2011 pukul 17:20 | #20

      untuk SQL Server 2005 server name itu biasanya nama dari komputer kita..
      dalam kasus contoh di atas itu yg digunakan adalah nama komputer saya..

      untuk mengetahuinya, buka saja microsoft SQL server management studio express.
      di situ terdapat server name, copy lalu paste pada program.

  13. orland
    12 Juni 2011 pukul 09:52 | #21

    maf mas sebelumya, ane masih NEWBIE BANGET, mo nanya….
    sama ya mas kayak mysql yg di xampp ???

    • Muhammad Ihsan Nur Hikam
      12 Agustus 2011 pukul 17:21 | #22

      saya kurang mengerti maksudnya mas..
      software yang digunakan ya sql server 2005 express untuk databasenya..

  14. vina
    19 November 2011 pukul 06:39 | #23

    Mas tolong ya saya baru belajar vb dot net 2008 . Saya bikin form dengan satu tombol ok untuk melakukan sesuatu. kemudian saya debug jalan dengan baik. trus saya tambahkan 1 tombol lagi untuk melakukan event yg lain,,setelah saya debug lagi kok yang muncul spt form pertama dengan 1 tombol saja kenapa ya kira2?makasih atas jawabannya

  15. vina
    22 November 2011 pukul 02:53 | #24

    mas maaf ya saya lagi belajar vb dot net 2008 saya ada masalah. Saya punya project yg terdiri dari 1 form. sebut saja namanya form 1 Saya tambahkan 1 buton di form tersebut kemudian saya debug hasilnya sesuai dengan desain awalnya yaitu ada satu buton di form tersebut. Setelah itu saya tambahkan 1 buton lagi. Setelah di debug kok yang muncul form dengan 1 buton saja ya yang sesuai dengan desain awalnya saja. Sedangkan penambahan 1 butonnya tidak muncul. Kenapa ya kira2. Terimakasih ya sebelumnya

  16. Ratri
    14 Desember 2011 pukul 00:38 | #25

    ajarin dong ka…. saya mau buat data base tentang sistem pakar mendiagnosis penyakit mata plis… baut minggu depan nih Ka, Makasih.

  17. ook
    30 Januari 2012 pukul 10:29 | #26

    Sory Klo Pas Create Data basenya Trus Ada Messages :
    Msg 262, Level 14, State 1, Line 1
    CREATE DATABASE permission denied in database ‘master’.

    Itu Knpa Ya…
    mohon bantuanya…thanks

    • 12 Maret 2012 pukul 06:12 | #27

      aku juga pernah ngalamin masalah kaya gitu..
      coba kamu run pake administrator..
      klik kanan pada icon vb.net trus klik run administrator..

  18. 12 Maret 2012 pukul 06:04 | #28

    mohon bantuanya para master… [-O< [-O< [-O<
    saya kan lagi buat aplikasi sistem pakar menggunakan vb.net 2005 dan sql server 2005,
    semua database basis pengetahuan (pertanyaan,aturan,dll) sudah berhasil saya simpan di dalam database
    tapi permasalahannya adalah saat saya ingin update pertanyaan baru dimana pertanyaan tersebut sudah saya simpan di dalam database dan
    saya ingin memunculkan kembali dalam form tersebut…
    istilahnya tuuh mengupload sebuah data dari database sql server yang sudah tersimpan, kemudian data yang sudah tersimpan tersebut ingin saya munculkan lagi dalam sebuah form..kira2 begitulah om..codingnya gimna ya om..mohon bantuanya om…

  19. 21 Maret 2012 pukul 13:24 | #29

    wah kayanya g asing lagi nich wajahnya hehehehehe..

    Kaleresan nuju Peryogi… Nuhun pisan Tutornya… Salam 3 jari

  20. 17 April 2012 pukul 03:18 | #30

    mau tanya… bagaimana setting supaya nama server bisa muncul pada saat buka sql server express, karena di laptop saya nama server tidak muncul. sehingga saya tidak bisa buat DB. thank you sebelumnya.

    • Muhammad Ihsan Nur Hikam
      3 Mei 2012 pukul 05:00 | #31

      mungkin service tidak berjalan…
      coba di cek apa servicenya sdh berjalan atau blm..

  21. 14 Agustus 2012 pukul 07:53 | #32

    mas, saya telah coba script di atas lalu berhasil.
    trus untuk menampilkna data dari tabelnya bagaimana caranya yah?
    terima kasih..

    • Muhammad Ihsan Nur Hikam
      21 Desember 2012 pukul 13:06 | #33

      untuk menampilkan datanya tinggal menggunakan sqldataadapter atau bisa dengan dataset

  22. 3 November 2012 pukul 02:29 | #34

    Makasih Atas Pencerahannya , saya newbe nch . . VB .2005 Ke SQL Express . . saya ikutin tpi gagal, padahal g ada debugnya , Ketika installasi SQL Express 2005 saya setting user id : SA dan sett password untuk masuk ke SQL nya

  23. 9 Januari 2013 pukul 18:26 | #35

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
    conect = New OleDbConnection(“Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=C:\Users\Public\Documents\coba\db”)

    objCommand.Connection = conect
    conect.Open()

    ma,ap gan itu maksud nya apa ea kenapa waktu Q run gak maw jalan conect.Open()
    eror

    ma,af gan pemula trimaksi

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

