Beranda > Artikel, Windows, Windows 7 > Get Ready Windows 7!!

Get Ready Windows 7!!


Tugas : Hardware Komputer
Dosen : Boby Kurniawan,ST.

Seperti yang kita ketahui, pada tanggal 22 Oktober 2009 yang lalu Microsoft telah merilis sistem operasi terbaru mereka, yaitu Windows 7. Ya windows 7 adalah jawaban Microsoft atas banyaknya kritikan dan kegagalan Windows Vista di pasaran.

Pada masa pengembangannya, Wndows 7 diberikan code “Blackcomb”, kemudian akhirnya berubah menjadi Vienna. Pada dasarnya windows 7 bukanlah sistem operasi yang benar-benar baru, tetapi merupakan perbaikan dan penyempurnaan dari versi sebelumnya, yaitu Windows Vista.Hal ini bisa dilihat dari kernel dari windows 7 sendiri yang berkodekan 6.1. Ini berarti menandakan bahwa dalam proses pengembangannya, microsoft masih mempertahankan “engine” pada windows vista.

Akan tetapi, meskipun masih mempertahankan “engine” versi sebelumnya bukan berarti windows 7 ini minim perubahan dan sama saja dengan versi sebelumnya. Tercatat ada beberapa perubahan yang cukup besar pada windows 7 ini. Satu hal yang pasti Windows 7 ini jauh lebih cepat dan stabil.

System Requirement :
Untuk dapat menjalankan windows 7 sendiri, spesifikasi hardware yang kita butuhkan tidak terlalu jauh berbeda dengan windows vista, yaitu :

Spesifikasi Windows 7

Arksitektur 32-bit 64-bit
Processor 1 GHz 32-bit CPU 1 GHz 64-bit CPU
Memori Akses Acak(RAM) 1 GB of RAM 2 GB of RAM
Kartu Grafis Dukungan DirectX 9 prosesor grafis dengan WDDM Driver Model 1.0 (Untuk Windows Aero)
Cakram Keras(HDD) Memori tersedia 16 GB Memori tersedia 20 GB
Cakram optik DVD drive (untuk instalasi dari media DVD)

Berikut adalah fitur-fitur yang ada pada windows 7 yang saya rangkum dari beberapa sumber dan pengalaman saya sendiri :

  1. New Taksbar
    Terdapat perubahan yang sangat mencolok dari taskbar di windows 7 daripada windows visata. Taskbar menjadi lebih besar. Yang menarik adalah ketika kita membuka windows explorer atau aplikasi, jika dahulu yang muncul adalah icon dan text keterangan. Maka sekarang yang muncul adalah hanya iconnya saja dalam bentuk yang lebih besar. Dan jika pointer mouse ditaruh di atas icon tersebut, maka akan muncul kota preview yang menampilkan versi kecil jendela dari icon aplikasi yang disorot.
  2. Notification Area
    Pada zaman Windows vista dan Xp ini disebut Systray, dan sekarang pada Windows 7 berubah menjadi Notification area. Perubahan ini membawa dampak yang cukup besar, dengan tampilan yang lebih sederhana dan tidak terlihat penuh sesak.
  3. Jump List
    Fitur ini sejenis shortcut yang bisa akses dengan meng-klik kanan icon pada taskbar. Dengan adanya jumplist, kita bisa melihat apa saja yang bisa kita lakukan dengan aplikasi tersebut. Hal ini berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya ada pilihan maximize,minimize dan close.
  4. User Account Control (UAC) yang lebih baik
    UAC adalah salah satu fitur yang paling dibenci di windows vista,karena fitur ini cukup merepotkan kita ketika akan menjalankan suatu aplikasi. Tapi kini fitur UAC sedikit dimodifikasi, kita bisa memilih on atau off, dengan sistem slider pengguna dapat memilih agar UAC hanya muncul saat instalasi aplikasi atau saat sebuah aplikasi mengubah konfigurasi Windows saja.
  5. Better Device Management
    Window 7 menjanjikan kompatibelitas dan kemudahan konfigurasi perangkat keras yang akan kita gunakan.
  6. Libraries
    Fitur ini mengumpulkan semua file dalam PC Anda berdasarkan tipe ke dalam library masing-masing untuk memudahkan manajemen media.
  7. Home Group
    Windows 7 memperkenalkan fitur jaringan baru bernama HomeGroups yang bertujuan untuk memudahkan beberapa komputer satu jaringan untuk saling berbagi file dan peripheral — seolah-olah semua itu terletak pada satu PC yang sama.
  8. Peeking “Mengintip”
    Ini adalah salah satu fitur dari windows Aero,yaitu dimana kita dapat halaman desktop kita tanpa harus menutup jendela aplikasi yang terbuka. Caranya cukup menaruh pointer di pojok kanan bawah desktop.
  9. Tidak ada lagi sidebar
    Sidebar dihilangkan dan diganti dengan gadget yang jauh lebih fleksibel dalam peletakannya.
  10. Parental Control
    Ini adalah salah satu fitur yang baru di windows 7, fitur ini berfungsi untuk mengatur dan mengawasi aktvitas yang dilakukan oleh seorang anak pada saat menggunakan komputer. Sehingga orang tua tetap dapat mengontrol anak tanpa harus mendampinginya.
  11. New Paint and Calculator
    Paint dan calculator di windows 7 ini mengalami perubahan besar dari versi sebelumnya. Yang paling mencolok adalah paint dimana paint yang baru ini sudah mangadopsi sistem “Ribbon” yang digunakan oleh Microsoft office 2007.
  12. Touch Screen
    Windows 7 merupakan sistem operasi pertama dari Microsoft yang sudah mendukung tenologi “Touch screen”. Dimana kita dapat mengoperasikan komputer hanya dengan sentuhan tangan.
  13. XP Mode
    Xp Mode adalah salah satu fitur dari windows 7 untuk menjalankan windows XP secara virtual. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, dibutuhkan tambahan hardisk sebesar 16 GB dan RAM 1 GB.
  14. Snap
    Geser jendela mendekat tepi kanan atau kiri maka jendela tersebut akan langsung berubah ukuran menjadi setengah layar. Hal ini ditujukan untuk memudahkan Anda menyusun dua jendela secara berdampingan (seperti browser atau dokumen Word) agar Anda dapat dengan mudah bekerja pada kedua jendela sekaligus.
  15. Shake
    Fitur ini berfungsi untuk meminimize jendela yang tidak kita menggunakan dengan hanya mengklik jendela yang ingin kita gunakan lalu kemudian menggoyangkannya “Shake”.
  16. DirectX 11
    Salah satu teknologi baru di Windows 7 adalah DirectX 11. Dimana dengan versi yang baru ini menjanjikan tampilan yang lebih memukau dalam menjalankan aplikasi multimedia, khususnya bermain game.
    Berikut adalah salah satu game yang sudah mengadopsi teknologi DirectX 11 :

Kelebihan Windows 7 :

  1. Proses booting yang lebih cepat
  2. Lebih Cepat dan Stabil
  3. Lebih sedikit membutuhkan ruangan harddisk
  4. Manajemen memory yang lebih baik
  5. Pengaturan taskbar yang lebih baik
  6. Kompatibelitas yang lebih baik
  7. Database driver hardware yang banyak (hampir semuar produk dari intel dan AMD sudah tersedia)
  8. Help Tool yang lebih baik.

Berikut adalah gambar hasil proses perbandingan performa windows 7 dengan windows vista dan xp :

Paltform pengujian




Benchmark Proses booting pada pc low end




Benchmark Proses booting pada pc high end




Benchmark caching file


Kekurangan Windows 7 :

  1. Bug pada Windows Player 12
  2. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di VIsta, juga dipasang di Windows 7
  3. Semoga Bermanfaat!!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: